Renungan Di Senja Pagi

Saat fajar pagi tiba kita bangun dari indahnya nikmat tidur, tak kala kadang kita masih terbawa dengan urusan duniawi hingga lupa atas Nikmat yang telah diberikan Allah SWT, dikala pagi kadang sibuk dengan berbagai masalah kehidupan dunia hingga timbul perasaan cemas dan takut. Seharusnya kita sebagai seorang muslim harus selalu menyerahkan urusan kepada pemilik Alam semesta ini Allah.

Di dalam hadist Rasulullah besabda :
” Siapa di pagi hari, kemudian mengadu kepada sesama manusia tentang kepahitan hidupnya, maka ia seakan-akan ia mengadukan Tuhannya. Tidakkah aku pernah menganjurkan pada kalian beberapa ucapan yang pernah diucapkan oleh Musa a.s. bersama kaum Bani Israil ketika menyeberangi laut Merah ? Sahabat menjawab, ‘ belum ya Rasulullah! Nabi Mengajarkan, Ucapkanlah! Ya Allah, bagi-Mu segala puji dan kepada-Mu pula tempat mengadu, dan hanya Engkau yang bisa memberi pertolongan, sungguh tiada daya dan tiada upaya kecuali terletak di tangan-Mu Tuhan Yang Maha Agung.”

Dari hadist tersebut kita dapat mengambil sebuah pelajaran bahwa di pagi hari jangan mengeluh atas segala permasalahan yang ada kepada sesama manusia karena hal ini dapat membawa kita pada keadaan syirik, percaya kepada makhluk selain Allah. Akan tatapi kita harus menyerahkan segala urusan kepada Allah, hanya kepada Allah lah tempat berlindung , tempat mengadu dan memohon pertolongan, sebagi seorang hamba kita dianjurkan berdoa atas segala keinginan kita agar tentunya dimudahkan atas segala urusan kita hingga pada akhirnya apa yang kita inginkan bisa terkabul tentunya harus disertai dengan usaha yang maksimal.

Selain itu juga ada hadist:
” Siapa yang bangun dalam keadaan susah karena urusan-urusan keduniaan, maka sama halnya ia bangun dalam keadaan murka kepada Allah. Dan siapa yang merendahakan diri terhadap orang hanya karena kekayaannya, maka hilanglah dua pertiga dari nilai-nilai agamanya”

Dari hadis itu dijelaskan bahwa siapa saja di pagi hari telah berfikir susah tentang urusan dunianya, maka seakan-akan murka kepada Allahbkarena tidak menerima dan tidak mensyukuri nikmat-Nya. Sudah seharusnya sebagi muslim kita harus selalu menerima apa pemberian Allah, kita harus yakin bahwa apa yang terjadi saat ini adalah yang terbaik untuk diri kita, karena Allah memberikan sesuatu sesuai dengan kemampuan hambanya.

Dalam menjalani hidup ini kita harus selalu berprasangka baik atau berpositif thinking agar dapat memperoleh ketenangan dalam menjalani hidup ini, kita harus selalu sabar dengan segala ujian yang Allah berikan. Ibararat pepetah ” semakin tinggi pohon maka akan semakin kencang tiupan angin, semakin tinggi iman seseorang maka ujiannya pun akan semakin berat. Kan tetapi kita harus selalu semangat melkukan segala aktivitas dengan di niatkan ibadah yang semata-mata mencari Ridho-Nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s