UPAYA PENINGKATAN MUTU PEKERJA

Dalam sebuah dunia kerja dalam lingkup perusahaan tentulah banyak elmen-elemen yang andil dalam organisasi tersebut mulai dari pimpinanan yang paling atas hingga pekerja biasa semua itu membutuhkan sebuah manajemen/koordinasi semua elemen agar apa yang dijadikan visi dan misi perusahaan tersebut bisa berjalan dengan baik dan akhirnya tujuan bisa dicapai sesuia dengan harapan.

Berhasil atau tidaknya suatu organisasi dalam mencapai tujuannya tergantung oleh keberhasilannya dari pada individu organisasi itu sendiri dalam menjalankan tugas mereka. Dalam proses penjalanan visi tersebut tentunya banyak kendala, hal ini sudah pasti terjadi karena elemen-elemen dalam perusahaan tersebut tidak dari latar belakang yang sama sehingga banyak muncul perbedaan hal ini bisa dipengaruhi dari budaya yang mereka bawa dari daerah mereka asal, tentunya dalam situasi ini peran seorang pemimpin sangat dibutuhkan yang mengupayakan menyatukan mereka agar mempunyai pandangan terutama apa yang menjadi visi dan misi perusahaan tersebut.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja, antara lain: motivasi, kepemimpinan, lingkungan kerja, insentif (ada upaya penghargaan), budaya kerja, komunikasi, jabatan, fasilitas perusahaan, pelatihan, dan masih banyak yang lainnya yang semuanya bisa meberikan kenyamanan para pekerja. Dalam kehidupan berorganisasi terutama dalam perusahaan aspek motivasi kerja wajib mendapat perhatian serius dari para pemimpin perusahaan karena sangat berpengaruh untuk kelancaran perusahaan tersebut. Hal ini mutlak karena ada beberapa seperti halnya yang telah dijelaskan diatas adanya perbedaan karakteristik antar individu pekerja selain itu faktor kejenuhan dalam bekerja  juga sering kali menjadi salah satu kendala dalam sebuah perusahaan. Kebutuhan manusia tidak saja mementingkan materi dalam konteks ini bisa gaji, akan tetapi juga butuh sebuah perhatian yang bersifat psikologis yang didalamnya mencakup perhatian seorang pemimpin maupun perhatian antar pekerja sehingga tercipta lingkungan yang harmonis yang semuanya akan kembali memberikan efek terhadap kelancaran perusahaan tersebut. Semakin baik pelayanan kebutuhan pekerja baik materi maupun psikologi akan semakin baik juga kinerja para karyawannya dalam perusahaaan tersebut.

Salah satu upaya peningkatan mutu pekerja yakni adanya peran dari seorang pemimpin. Kepemimpinan merupakan faktor penting dalam memberikan pengarahan kepada karyawan, maka kepemimpinan yang dibutuhkan adalah kepemimpinan yang bisa memberdayakan karyawannya. Kepemimpinan yang bisa menumbuhkan motivasi kerja karyawan adalah kepemimpinan yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri para karyawan dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

Selain kepemimpinan, pelatihan juga penting bagi para karyawan. Oleh sebab itu, kualitas pelayanan pimpinan kepada karyawan perlu ditingkatkan.Melalui pelatihan ini para karyawan bisa terbantu mengerjakan pekerjaan yangada, dapat pula meningkatkan prestasi kerja karyawan. Pelatihan bagi karyawanmerupakan sebuah proses mengajarkan pengetahuan dan keahlian tertentu sertasikap agar karyawan semakin terampil dan mampu melaksanakan tanggungjawabnya dengan semakin baik, sesuai dengan kemampuanya masing-masing. Motivasi juga dapat memberikan sumbangan yang signifikan dalam peningkatan kualitas pelayanan.

Semakin kebutuhannya terpenuhi maka akan semakin besar kinerja para pekerja dalam melakukan tugas dan kewajibannya di perusahaan. Lingkungan kerja di perusahaan juga mempengaruhi kinerja yang dilaksanakan oleh pekerja. Lingkungan kerja ini sendiri terdiri atas fisik dan nonfisik yang melekat dengan karyawan sehingga tidak dapat dipisahkan dari usaha pengembangan kinerja karyawan. Lingkungan kerja yang segar, nyaman, dan memenuhi standart kebutuhan layak akan memberikan kontribusi terhadap kenyamanan karyawan dalam melakukan tugasnya. Lingkungan kerja nonfisik ( psikologi ) yang meliputi keramahan sikap para karyawan, sikap saling menghargai diwaktu berbeda pendapat, dan lain sebagainya adalah syarat wajib untuk terus membina kualitas pemikiran karyawan yang akhirnya bisa membina kinerja mereka secara terus-menerus.

Jika upaya peningkatan mutu itu dilakukan dan dijaga dengan menjalankan secar rutin maka akan tercipta sebuah organisasi perusahaan yang solid dan pada akhirnya segala visi dan misi tersebut bisa terpenuhi akan tetapi semuai itu dan memerlukan sebuah manejemen yang baik dalam perusahaan tersebut agar yang telah direncanakan selajan dengan apa yang diagendakannya yang semua itu akan berdampak pada perusahaan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s