in action’s

Best of the best Gallery in Action Stories

Crew DEI 2013Semua Crew Diklat Ekonomi Islam Forum Kajian Ekonomi Islam foto bersama setelah acara selesai # Kaliadem, Yogyakarta.

IMG_2852

Inilah muka-muka ceriah sebagian panitia disela-sela istirahat. #Narsis dulu deh.

IMG_2691

Wah ini Laskar FoSSEI Regional Yogyakarta setelah mengunjungi acara DEI FKEI UII 2012. # Ayo pak Koreg kita Majukan FoSSEI DIY.

DSC_0345

Shariah Economic Event UII 2012 #Model Fashionshow.#Hanif#Bianca#Dani#Nabila#Lia#Upech#Harnum#Sastika#Riska.

ibnu lisensimy broter Ibnu from Lisensi UIN Jakarta # Siak # Maret 20122012-03-17 20.59.35Sarasehan FoSSEI Nasional#UIN Syarif Kasim Riau 2012#FKEI bersama teman-teman Lisensi.

2012-03-16 14.01.29Selamat dan Sukses buat perwakilan FKEI dan IESC UII#Temilnas Riau 2012

2012-03-17 07.03.08Asyiknya menjelang Fieltrip ke Kabupaten Siak#Pekanbaru Maret 20122012-03-16 17.40.15Semua Peserta Temilnas Riau Foto Bersama # UIN Syarif Kasim.

2012-03-15 07.23.13UIIDelegasi UII#Randika#Ratna#Atun#Rohman @Temilnas Riau 2012

peserta olimpiadeDelegasi Telminas Riau 2012# Senyum dulu Donk.

“ Mensinergikan Industri Kreatif Berbasis Ekonomi Islam “

IMG_0013 Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam Daerah Istimewa Yogyakarta ( FoSSEI Regional Yogyakarta ) sukses mengadakan acara SET (Sharia Economists Training) pada 29 – 30 Desember 2012  dengan tema  “Mensinergikan Industri Kreatif Berbasis Ekonomi Islam ”. Acara ini merupakan rangkain dari alur kederisasi FoSSEI tingkat regional. Yang diharapkan dapat memberikan sebuah penyadaran bagi generasi muda (mahasiswa) untuk senantiasa memahami tentang pentingnya peran aktif dari para ekonom robbani dalam mendakwahkan dan menegakkan ekonomi Islam.    Ketua panitia Nuriyatul Ma’shumah mengungkapkan tema ini sengaja dipilih untuk memberikan gambaran kepada para mahasiswa yang megikuti acara ini mengetahui  bahwa cakupan ekonomi islam tidak hanya dalam lingkup perbankan maupun lembaga keuangan semata, akan tetapi lebih luas cakupannya, salah satunya adalah dari industri fashion, media yang  dan makan yang berlabelkan halan . Selain itu, dilatarbelakangi Yogyakarta yang selama terkenal dengan industri kretifnya maka acara ini juga bertujuan agar para peserta dapat termotivasi dalam berwirausaha dan mampu menciptakan para pengusaha baru yang berlandaskan nilai-nilai islam.
Acara yang berlangsung di Balai Pemuda Ambarbinangun Yogyakarta ini menghadirkan pembicara dari  pengusaha – pengusaha muda yang berada di Yogyakarta sdiantaranya adalah Muhammad Mualim SEI pemilik Oblong Santri dan Andika Setiyawan pemilik Jilbaban Distro,dalam pemaparannya para pembicara memberikan motivasi kepada para peserta SET modal untuk berwirausaha yang terpenting adalah mempunyai sebuah keinginan, ide-ide kreatif dan selanjutnya action terhadap apa yang telah direncanakannya.
Dalam sesi selanjutnya Sharia Economicts Training menghadirkan Faris ( Pengusaha Muda Pemenang Buisnis Plan Wirausaha Muda Mandiri 2012 ) , dalam kesempatannya faris memaparkan dan memberikan tips-tips membuat proposal business plan yang baik  dari segi ide – idenya maupun format penulisannya, selain itu peserta juga diajak agar semangat berwirausaha meskipun masih kuliah. Menurutnya Indonesia membutuhkan pengusaha-pengusaha baru untuk mengatasi permasalahan perekonomian, dengan berwirausaha dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengurangi angka pengangguran di Indonesia.
Hadir juga dalam acara ini Presidum Nasional V Forum Silahtuhrahmi Studi Ekonomi Islam ( FoSSEI) Muhammad Sadam,  dalam kesempatannya Sadam menjelaskan sejarah FoSSEI dari awal mula berdiri hingga perkembangannya sekarang ini serta dijelaskan rencana dan stategi FoSSEI kedepan agar mampu mewujudkan visinya yaitu Pada tahun 2030 FoSSEI menjadi organisasi pergerakan mahasiswa dalam bidang ekonomi Islam yang unggul kompeten, professional, dan kontributif di dunia.
Dalam sesi terakhir hari sabtu acara SET diisi oleh Perwakilan Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Yogyakarta sebagai patner FoSSEI Yogyakarta dalam pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) FoSSEI Yogyakarta. Selain memberikan pemaparan terhadap fasilitas KTA yang bisa dijadikan sebagai ATM, dalam kesempatan ini juga diserahkan secara simbolik peraga KTA FoSSEI yang diserahkan oleh perwakilan BSM kepada Pengurus FoSSEI Regional Yogyakarta. KTA FoSSEI ini merupakan salah satu terobosan baru FoSSEI Yogyakarta untuk pendataan anggotanya agar dapat terdata secara baik.

kds
Sharia Economicts Training (SET) tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,  dimana tahun ini SET dilakukan dua hari satu malam. Jadi para peserta menginap dilokasi SET, pada malam harinya acara dilanjutkan dengan Small Group Discusion (SGD) dimana para peserta dikelompokan kemudian dipandu oleh MoT membuat Bussines Plan yang hari minggu akan dipresentasikan. Dan yang jadi pembeda pada acara ini adalah adanya Malam Keakrabaan para peserta SET, tujuannya adalah agar para peserta satu sama lain saling mengenal karena peserta SET ini diikuti dari berbagai KSEI di Yogyakarta. Dalam Acara Makrab ini peserta duduk melingkari api unggun serambi menyaksikan kelompok yang mementasakan tugasnya.

IMG_0179
Minggu 30 Desember 2012, diawali dengan acara senam bersama para  peserta SET yang selanjutnya diadakan  game kekompakan peserta merasa senang dan terlihat lebih akarab satu sama lain. Setelah istirahat dan sarapan, acara SET dilanjutkan dengan presentasi masing-masing kelompok Bussines Plan yang sebelumnya dibuat bersama. Tidak sia-sia acara SET kali ini mengangkat tema berkenaan kewirausahaan karena dari pemaparan masing-masing kelompok muncul ide-ide baru yang kreatif dan menarik.

Acara ini ditutup setelah ada evalusi acara anatara panitia dan peserta, perwakilan peserta memberikan kesan dan pesan terhadap jalannya acara SET dari awal hingga akhir, meski menurut peserta acara ini ada kekerangan secara umum acara ini sukses dan mereka berharap ada tindak lanjut (Follow Up) antar peserta agar tetap terjalin silahtuhrami. Penyelenggaraan acara SET FoSSEI Regional Yogyakarta 2012 tak lepas dari para pihak yang telah mendukung antara lain ; BSM Yogyakarta, BPRS Madina Syariah, Waroeng “SS” serta para donatur lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s